Minggu, 18 November 2012

Bawang Merah Brebes (Kali Kamal)

  (Gambar 1. Bawang Merah saat panen)
 (Allium Cepa Var Agregatum L) 

Bawang merah & bawang putih telah menjadi unsur penting dalam dunia kuliner modern. Bawang merah & bawang putih memiliki  rasa lembut jika ditambahkan  pada masakan oriental pedas, Meksiko, Perancis dan Mediterania. Penggunaan bawang merah juga berkembang di masakan tradisional, berkat karakter khas bawang merah, lebih nyata dan lebih manis daripada bawang putih. Tidak mengherankan, bawang merah adalah bumbu pelezat masakan utama dalam banyak masakan ikan, daging dan sayuran. Dan perlu anda ketahui bawang merah juga menjadi obat herbal yang sangat mujarab untuk kesehatan kita.

Bawang merah dapat ditemukan di banyak negara. Beberapa negara memiliki varietas bawang merah yang berbeda. Perbedaan mungkin nyata, tergantung pada varietas yang ditanam khas tradisional atau lokal. Di Asia, bawang merah biasanya mempunyai ukuran lebih kecil dan lebih bulat dengan warna kemerahan. Di Perancis, semua bawang merah bagaimanapun, sebaiknya semua bawang merah lebih memanjang dan warna bawang merahlebih coklat kemerahan. Di Belanda, bawang merah lebih bulat, Di Denmark semua bawang merah berwarna kuning-coklat tradisional.

Bawang merah terkenal dengan bahasa latinnya Allium cepa L. atau di Indonesia dikenal dengan nama bawang merah, Red Onion dalam bahasa inggris. Bawang merah sering disebut juga dengan nama berambang. Tanaman bawang merah ini banyak ditanam orang di sawah ataupun ladang yang cukup memperoleh sinar matahari serta daerah yang terdapat angin tumbang (jawa). Tanaman bawang merah juga merupakan tumbuhan berumpun dan berumbi lapis ini berwarna keungu-unguan dan berbau tajam. Tanaman bawang merah adalah tanaman semusim. tanaman bawang merah juga juga tidak berbatang dan daunnya berwarna hijau panjang, berbentuk tabung yang ujungnya lancip. Bunga tanaman bawang merah adalah berwarna putih kemerah-merahan. Pada saat ini umbi bawang merah maupun daun bawang merah sehari-hari dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Sebagai penyedap masakan, daun bawang merah merupakan makan populer direstoran-restoran. Namun bawang merah juga sering dipakai dalam berbagai ramuan obat tradisional. Baik umbi bawang merah maupun daun bawang merah bisa dijadikan obat tradisional. Orang lnggris juga sering menyebutnya dengan nama shalot, dan bawang merah juga merupakan penyedap masakan terbaik yang sering dimakan orang bule. Biasanya umbi bawang merah sering diiris tipis dan digoreng maupun sebagai bumbu dari pada produk mie instan. Hampir semua masakan soup pasti menggunakan bawang merah yang udah digoreng atau sering disebut dengan bawang goreng. Untuk daun bawang merah juga sering dicampur dengan soup ayam atau digoreng bareng daging sapi. Umbi bawang merah & daun bawang merah adalah merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin dan sangat bergizi. Hampir semua restoran besar menggunakan daun bawang merah dan umbi bawang merah sebagai bumbu pelezat makanan di dunia. Jadi  umbi bawang merah & daun bawang merah adalah merupakan komoditi dunia yang tetap dibutuhkan selama manusia masih didup di muka bumi. Umbi bawang merah & daun bawang merah merupakan salah satu sumber penghasil para petani di pesaan, khususnya petani umbi bawang merah & daun bawang merah.

Kandungan & Manfaat:
Karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap anti radang, pembunuh bakteri, sedangkan kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Menurut penelitian terakhir,
bawang merah juga bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya. Umbi lapisnya mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C.

 
 (Gambar 2. Bawang Merah Hasil butikan (istilah Brebes))
Kegunaan dari bawang merah :
1. Demam pada anak
2. Perut kembung, muntah-muntah
3. Masuk angin
4. Kerokan
5. Batuk
6. Disentri
7. Hipertensi
8. Diabetes
9. Kutu air / kakirangen
10. Bisul/ luka
11. Payudara bengkak / mastitis
12. Melancarkan air seni pada anak disertai demam
13. Sariawan
Wah kalo sudah terbukti bahwa
bawang merah sangat besar manfaatnya ga ada alesan buat aku menolaknya dalam menu harian aku.
  
Bawang merah   juga merupakan  bagian penting dari bumbu masakan, baik untuk masakan rumah tangga, restoran  maupun  industri  makanan  , di samping itu bawang merah juga bisa  di manfa'atkan sebagai obat herbal.
      
Bawang merah memiliki nama lokal di antaranya :
Bawang    abang    mirah   (Aceh),  Bawang  abang (Palembang ) , Dasun merah (Minangkabau) , Bawang suluh (Lampung),   Bawang   beureum   (Sunda), Brambang  abang  (Jawa), Bhabang merah (Madura), dan masih banyak  lagi yang lainnya, masing -masing daerah memiliki sebutan tersendiri.

        Di Indonesia  saat ini penghasil terbesar
bawang merah  ada  di daerah Kabupaten Brebes yang terletak Propinsi  Jawa  Tengah  diantaranya daerah :Dukuh Kali Kamal,Kedunguter, Pasar batang, Limbangan, dan daerah-daerah lainnya.  .  Di  samping sebagai sentra penghasil    bawang merah  ,  Brebes  di  kenal juga dengan  telor asinnya.

keterangan lebih lengkap klik : www.bawangmerahputih.com 








2 komentar: